Seperti
yang kita ketahui bahwasanya dalam pembelajaran PMRI itu biasanya guru selalu
menggunakan alat peraga, namun yang menjadi masalah disini guru kesulitan dalam
menciptakan alat peraga dalam suatu pembelajaran matematika.
Pemecahan
masalah dari persoalan tersebut sebenarnya dapat diatasi dengan melakukan
pembelajaran terpadu dengan mata pelajaran yang lainnya. Misalkan guru
memadukan mata pelajaran Matematika dengan Kerajinan Tangan dan Kesenian (KTK),
dengan memaduan kedua mata pelajaran tersebut maka guru dapat menggunakan
barang-barang atau karya-karya yang dihasilkan siswa saat pelajaran Kerajinan
Tangan dana Kesenian (KTK) menjadi alat peraga atau media belajar bagi siswa
ketika pelajaran Matematika.
Dengan
demikian pastinya anak akan merasa senang belajar Matematika dan sekaligus
merasa dihargai serta bangga karena karya yang dibuat itu digunakan dan guru
pun tidak perlu menambah pekerjaannya dalam membuat alat peraga.
Saat
pembuatan alat peraga yang sekaligus dipadukan dalam pelajaran KTK harus
memperhatiakan kaidah-kaidah pada kurikulum mata pelajaran KTK dan harus
mengkombinasikan antara ekspresi seni dan tata nilai guna dalam hasil karya serta
hasil karya siswa dikoleksi dalam ruang kelas dan ditata atau dipajang
sedimikan rupa agar dapat menambah estetiska ruang kelas agar dapat dijadikan
alat peraga atau media pembelajaran matematika.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar