Pembelajaran memiliki 2 sifat yaitu kontruktif dan berkembang. Kontruktif disini berarti bahwa anak-anak
mencoba untuk memahami situasi dan konteks serta menafsirkannya dengan
didasarkan pada ide-ide yang telah mereka bangun. Dan berkembang disini berarti
bahwa pembelajaran berkembang sejalan dengan perubahan waktu atau zaman. Seperti
teori Piaget (1977) yaitu dijelaskan bahwa proses belajar itu mengalami dua
fase, yaitu fase asimilasi dan akomodasi. Asimilasi adalah fase dimana anak
memahami pengalaman-pengalaman baru dari skema yang sudah ada. Sedangkan
akomodasi adalah fase dimana anak mengubah skema yang sudah ada menjadi sesuai
dengan situasi yang baru. Apabila anak menerima pengetahuan baru maka anak akan
memahami informasi tersebut dengan menghubungkannnya dengan skema/ pengetahuan
yang sudah ada dalam pemikirannya. Setelah memahaminya, anak akan menyimpulkan
informasi baru tersebut sesuai dengan pemahamannya dan sesuai dengan situasi
yang baru.
Dalam sebuah pembelajaran, peserta didik mempunyai banyak
cara untuk dapat mengasimilasikan suatu konteks atau informasi. Maka setiap
peserta didik akan berdeda-beda dalam mengambil kesimpulan informasi yang baru,
dimana setiap peserta didik akan mempunyai pendapat yang bervariasi.
Pembelajaran tersebut sangat berbeda dengan pembelajaran
konvensional, karena pembelajaran konvensional hanya memilki satu strategi yang
digunakan. Dalam pembelajarannya peserta didik diharuskan memecahkan masalah
dengan cara yang sama, sehingga yang ada hanya kemungkinan peserta didik
tersebut berhasil atau tidak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar