Sabtu, 15 Februari 2014

SIFAT PEMBELAJARAN



Pembelajaran memiliki 2 sifat yaitu kontruktif dan berkembang.  Kontruktif disini berarti bahwa anak-anak mencoba untuk memahami situasi dan konteks serta menafsirkannya dengan didasarkan pada ide-ide yang telah mereka bangun. Dan berkembang disini berarti bahwa pembelajaran berkembang sejalan dengan perubahan waktu atau zaman. Seperti teori Piaget (1977) yaitu dijelaskan bahwa proses belajar itu mengalami dua fase, yaitu fase asimilasi dan akomodasi. Asimilasi adalah fase dimana anak memahami pengalaman-pengalaman baru dari skema yang sudah ada. Sedangkan akomodasi adalah fase dimana anak mengubah skema yang sudah ada menjadi sesuai dengan situasi yang baru. Apabila anak menerima pengetahuan baru maka anak akan memahami informasi tersebut dengan menghubungkannnya dengan skema/ pengetahuan yang sudah ada dalam pemikirannya. Setelah memahaminya, anak akan menyimpulkan informasi baru tersebut sesuai dengan pemahamannya dan sesuai dengan situasi yang baru.
Dalam sebuah pembelajaran, peserta didik mempunyai banyak cara untuk dapat mengasimilasikan suatu konteks atau informasi. Maka setiap peserta didik akan berdeda-beda dalam mengambil kesimpulan informasi yang baru, dimana setiap peserta didik akan mempunyai pendapat yang bervariasi.
Pembelajaran tersebut sangat berbeda dengan pembelajaran konvensional, karena pembelajaran konvensional hanya memilki satu strategi yang digunakan. Dalam pembelajarannya peserta didik diharuskan memecahkan masalah dengan cara yang sama, sehingga yang ada hanya kemungkinan peserta didik tersebut berhasil atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar